Tesis

Kejadian hipoksemia dan faktor yang berpengaruh pada tindakan bronkoskopi diagnostik kasus tumor paru di Rumah Sakit Umum Pusat Rujukan Respirasi Nasional Persahabatan Jakarta = Hypoxemia event and related factor on diagnostic bronchoscopy for lung tumor case at National Respiratory Center Persahabatan General Hospital Jakarta.

Latar belakang: Bronkoskopi adalah prosedur yang umum digunakan sebagai tindakan membantu penegakkan diagnosis kasus tumor paru. Hipoksemia disebut sebagai salah satu komplikasi yang sering terjadi pada bronkoskopi diagnostik oleh karena itu diperlukan data untuk mengetahui faktor yang berpengaruh dan dampak klinis yang ditimbulkan. Metode: Penelitian ini menggunakan desain potong lintang pada pasien tumor paru yang menjalani bronkoskopi diagnostik dan dilakukan selama Januari-April 2019 di Rumah Sakit Umum Pusat Rujukan Respirasi Nasional (RSUPRRN) Persahabatan Jakarta. Total 195 pasien diikutsertakan dan dilakukan pengamatan terhadap nilai saturasi oksigen pada tahap premedikasi, durante, pascatindakan. Hipoksemia adalah subjek dengan saturasi oksigen < 90% dan diamati berbagai faktor yang dianggap berpengaruh dan dampak klinis yang terjadi. Hasil: Jumlah kejadian hipoksemia pada bronkoskopi diagnostik sebanyak 40 kasus (20,5%). Waktu kejadian hipoksemia paling banyak pada tahap durante tindakan (20%) dengan median lama hipoksemia berlangsung 15 detik. Proporsi waktu muncul hipoksemia terjadi paling banyak pada 10 menit pertama tindakan (11,3%). Faktor demografi yang bermakna terhadap kejadian hipoksemia adalah jenis kelamin (p=0,04) dan riwayat merokok (p=0,005). Faktor yang dianggap berpengaruh dan memiliki hubungan bermakna dengan kejadian hipoksemia antara lain lama waktu tindakan dan timbulnya komplikasi (p < 0,05). Total 5 pasien dirawat pascatindakan di ruang intensif dan tidak ada kasus kematian yang dilaporkan. Kesimpulan: Penelitian ini mendapatkan jenis kelamin, riwayat merokok, lama waktu tindakan dan timbulnya komplikasi menjadi faktor yang berpengaruh terhadap kejadian hipoksemia pada tindakan bronkoskopi diagnostik kasus tumor paru. Hipoksemia yang muncul pada bronkoskopi diagnostik kasus tumor paru tidak menimbulkan dampak klinis yang fatal seperti kematian pada penelitian ini.
Kata kunci : Hipoksemia, Bronkoskopi diagnostik, Tumor paru.


Background: Bronchoscopy is a commonly medical procedure perfomed for diagnose lung tumor cases. Hypoxemia often appear as complication related diagnostic bronchoscopy. Therefore, there is a need of research data to knowing related factors and clinical consequences may occur ahead. Methods: Design of this study is cross sectional with suspicion lung malignancy population who undergoing diagnostic bronchoscopy from January until april 2019 at National Respiratory Center Persahabatan General Hospital Jakarta.. Total 195 consecutive patients participated dan observed for oxygen saturation in premedication, during and post-bronchoscopy. Hypoxemia was defined as an desaturation < 90% and reviewed several related factor and clinical consequences may appear. Result: Total hypoxemia events on diagnostic bronchoscopy was 40 cases (20,5%). The most frequent occurrence hypoxemia time is during bronchoscopy (20%) with median duration of hypoxemia is 15 seconds. The proportion of time appears hypoxemia is commonly in first 10 minutes bronchoscopy (11,3%). Demographic factors like gender and smoking history are statistically significant with hypoxemia events (p=0,04 & p=0,005). Other factors may have relation dan statiscally significant are duration of procedure and procedure with complication (p < 0,05). Total 5 cases observed in intensive care unit after procedure and no death event have reported in this study. Conclusion: This study suggested gender, smoking history, duration of procedure and procedure with complication were related factors with hypoxemic events in lung tumor cases undergoing diagnostic bronchoscopy. Hypoxemia related diagnostic bronchoscopy in this study was not rise into fatal event.
Key words : Hypoxemia, Diagnostic bronchoscopy, Lung tumor.

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2019
Pengarang

Andre Prawira Putra - Nama Orang
Menaldi Rasmin - Nama Orang
Wahju Aniwidyaningsih - Nama Orang

No. Panggil
T19250fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Pulmonologi & Ilmu Kedokteran Respirasi.,
Deskripsi Fisik
xv, 88 hal; ill; 21 x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
T19250fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T19250fkT19250fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Kejadian hipoksemia dan faktor yang berpengaruh pada tindakan bronkoskopi diagnostik kasus tumor paru di Rumah Sakit Umum Pusat Rujukan Respirasi Nasional Persahabatan Jakarta  = Hypoxemia event and related factor on diagnostic bronchoscopy for lung tumor case at National Respiratory Center Persahabatan General Hospital Jakarta.

Related Collection